Banner Image Banner Image

4 Keuntungan Menggunakan Tenaga Mesin Untuk Produksi Bisnis


Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, penggunaan tenaga mesin dalam produksi telah menjadi faktor krusial untuk mencapai efisiensi dan kualitas yang tinggi. Banyak bisnis dari berbagai sektor industri, mulai beralih dari proses produksi manual (menggunakan tenaga manusia) ke otomatisasi (menggunakan mesin).

Salah satunya Stefania Catharine (33), owner dan generasi kedua Moaci Gemini, merek mochi dan toko oleh-oleh yang populer di Semarang. Stefania mengatakan, bisnisnya telah beralih menjadi semi otomatisasi, karena 80% proses produksi telah menggunakan mesin dibanding tenaga manusia. Menggunakan tenaga mesin juga ada plus dan minusnya. Namun, menurut Stefania ada empat alasan dan keuntungan menggunakan tenaga mesin untuk membantu produktivitas bisnis:

1. Konsistensi Produk

Salah satu tantangan bisnis yang legendaris adalah menjaga agar rasa, porsi, dan yang lainnya tetap konsisten dan enak. Menggunakan tenaga mesin yang telah diatur sedemikian rupa, akan membantu menjaga hal tersebut.

Dengan mengatur dan mengotomatisasi produksi bisnis menggunakan mesin, produksi akan terkontrol tanpa harus membuat Anda turun tangan. Itulah yang dilakukan Stefani dalam menjaga produknya tetap konsisten. Kesalahan manusia yang sering terjadi dalam produksi manual dapat diminimalisir, apalagi pembuatan mochi yang dilakukan satu per satu.

Dengan bantuan mesin, produk yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik dan seragam. Konsistensi ini sangat penting dalam memertahankan reputasi merek dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan bagi bisnis makanan, seperti Moaci Gemini.

2. Terjamin Higenis

Menggunakan mesin dapat menjamin pembuatan makanan atau minuman lebih higenis dibandingkan menggunakan tangan manusia. Stefani mengatakan, salah satu alasannya menggunakan mesin adalah agar semua mochinya dapat tetap bersih dan higenis, apalagi saat dilanda pandemi Covid-19 kala itu.

Kebersihan adalah tahta tertinggi dalam bisnis F&B (food & beverage). Pelanggan akan lebih suka produk yang dihasilkan dari proses yang higenis dan bersih

3. Menghemat Anggaran Membeli mesin yang canggih memang memerlukan banyak biaya. Namun, Anda dapat menganggapnya seperti berinvestasi. Berinvestasi pada mesin yang dapat dipakai berulang kali, akan jauh lebih murah dibandingkan Anda harus membayar beberapa orang setiap hari atau bulannya.

Penggunaan mesin dapat menghemat biaya operasional dalam jangka panjang. Anda tidak perlu khawatir, mesin-mesin modern biasanya dirancang dengan efisiensi energi yang sudah baik.

Jadi Anda dapat mengurangi biaya energi dan pemeliharaan. Alasan ini layak untuk dipertimbangkan untuk mulai menggunakan mesin.

4. Cepat dan Menghemat Waktu Setiap harinya, Moaci Gemini memproduksi 10 ribu dus yang berisi berbagai macam jumlah. Belum lagi jika masuk musim liburan, Stefania mengatakan produksi akan naik 5-7 kali lipat untuk memenuhi permintaan. Mesin-mesin modern digunakan untuk mempercepat produksi. Mesin akan bekerja secara terus-menerus tanpa lelah yang memungkinkan bisa berjalan 24/7 tanpa henti.

Hal ini berbeda dengan tenaga manusia yang memerlukan istirahat dan rentan terhadap kelelahan.

Dengan mesin, waktu produksi dapat dipersingkat, output meningkat, dan kapasitas produksi dapat ditingkatkan sesuai permintaan pasar.

 

(Ester/Bestari)

 

Sumber : Kompas 

 

Kantor Koperasi Nusa Raya Cipta

GRHA R21 Jln. Hybrida Raya Blok RB 1 No. 21, RT.12 /RW.15, Kel. Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta - 14250

Call Center: 021 - 451 4255
WhatsApp: 0811 - 870 - 3188
Email: halonusa@kspnusa.co.id
Whatsapp
Phone Call
Halo Nusa